Peraturan dan Tata Tertib PAUD

peraturan_tata_tertib_paud

Peraturan dan Tata Tertib PAUD memang sangatlah diperlukan. Tanpa adanya peraturan dan tata tertib PAUD, dikhawatirkan keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak akan berjalan dengan baik dan tujuan lembaga pun tentunya turut tidak akan tercapai.

Sebelum melangkah lebih jauh, tentu diperlukan terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan peraturan dan tata tertib PAUD pada pembahasan kali ini.

Apa itu Peraturan dan Tata Tertib PAUD

Untuk mengulas lebih dalam tentang hal ini, maka diperlukan adanya pemahaman antar bagian-bagian tertentu. Diperlukan adanya pembahasan yang lebih rinci tentang peraturan, tata tertib, dan PAUD itu sendiri.

Peraturan

Peraturan itu sendiri sesungguhnya dibuat oleh penyelenggara, yang pada pembahasan ini terfokus pada lembaga pendidikan jenjang PAUD.

Peraturan itu dibuat sesungguhnya tidak lain dan tidak bukan untuk mengatur kondisi perjalanan kegiatan belajar mengajar.

Disamping itu, peraturan ini juga nantinya akan membantu lembaga dalam menjalankan program pendidikan. Maksudnya adalah, peraturan yang ada itu tentunya yang mendukung dari kurikulum yang diberlakukan di sebuah lembaga pendidikan.

Seperti yang kita bahas sebelumnya, bahwa kurikulum itu merupakan segala hal yang direncanakan di sekolah terkait tentang pendidikan dan pengajaran. Adanya sebuah peraturan, tentu untuk mendukung kurikulum itu sendiri.

Mengingat deskripsi di atas, maka peraturan itu sangatlah penting adanya di sebuah lembaga pendidikan jenjang PAUD.

Tata Tertib

Hampir sama dengan apa yang dijelaskan di atas tentang peraturan, bahwa tata tertib itu merupakan bagian yang lebih kecil atau lebih spesifik dari sebuah peraturan.

Tata terbit ini bersifat lebih rinci. Maksudnya adalah bahwa tata tertib itu terbagi-bagi kepada beberapa bagian. Bila dalam lembaga pendidikan, ada namanya tata tertib guru, kemudian ada pula namanya tata tertib siswa, kemudian lagi ada pula namanya tata tertib karyawan, dan lain sebagainya yang diperlukan.

Dari penjelasan, terlihat jelas adanya perbedaan antara sebuah peraturan dengan tata tertib. Secara umum, peraturan dan tata tertib ini berbeda, namun perbedaan itu tidak membuat keduanya ini tidak berhubungan.

Peraturan itu adalah kata yang digunakan untuk global atau menyeluruh. Tata tertib, adalah pilihan kata untuk menceritakan tentang peraturan secara lebih rinci yang dapat dibagikan kepada bagian-bagian tertentu. Ini hanya sebagai pelengkap semata. Andaikan kata tata tertib itu diganti dengan kata peraturan, semuanya akan terlihat baik-baik saja. Ini hanya pilihan kata saja.

Penulis sendiri lebih suka untuk menggunakan kata tata tertib. Karena, hal ini dirasa sangat baik dan dapat menimbulkan sifat "serius" dalam sebuah tata tertib yang dibuat.

PAUD

Sedangkan PAUD sendiri adalah singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Maksudnya adalah pendidikan tingkat atau jenjang PAUD.

Pembagian Peraturan dan Tata Tertib PAUD

Dalam peratudan dan tata tertib PAUD, tentunya diperlukan pembagiannya. Apa saja itu?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa tata tertib itu bersifat rinci dan spesifik. Oleh sebab itu, peraturan itu akan dibuat untuk berbagai unit dalam sebuah lembaga.

Ada beberapa pembagian yang akan dibuatkan peraturan dan tata tertibnya, antara lain sebagai berikut:
  • Tata Tertib Guru
  • Tata Tertib Siswa
  • Tata Tertib Karyawan
  • Tata Tertib Kebersihan
  • Tata Tertib Keamanan
  • Lainnya
Hal di atas itu merupakan bagian yang dirasa adalah bagian yang perlu untuk dibuatkan semacam peraturan dan tata tertibnya.

Mengapa hal itu diperlukan?
Guru, Siswa, karyawan, petugas kebersihan, keamanan, dan lain sebagainya itu adalah bagian yang terpisah secara rinci, walau hakikatnya sama dalam sebuah lembaga.

Bagian-bagian itu juga memiliki tujuan yang berbeda dalam tugas yang dikerjakannya. Oleh sebab itu, Standar Operasional Pekerjaan (SOP) yang harus dilaksanakannya pun turut berbeda. Bagaimana mungkin tata tertibnya serupa? Oleh sebab itu, hal ini menjadi dasar untuk membuatkan tata tertib yang lebih rinci sesuai dengan bidang kerja masing-masing.

Tata Tertib Guru

Pada dasarnya, tata tertib guru ini memang sudah dilaksanakan pada lembaga pendidikan masing-masing. Namun, tidak sedikit juga lembaga TK atau PAUD yang belum membuatkan semacam bentuk dokumen demi penunjang keberlangsungan kegiatan belajar mengajar.

Ada salah satu contoh dari tata tertib guru PAUD yang dibahas pada pembahasan tersendiri. Dibahas pada pembahasan tersendiri karena agar lebih leluasa dalam penyampaian materinya. Simak penjelasannya pada tombol di bawah ini:


Tata Tertib Siswa

Tata tertib siswa tentunya berbeda dengan tata tertib guru. Tata tertib siswa ini nantinya akan berisi tentang segala hal yang diperbolehkan atau dilarang untuk dilakukan siswa.

0 Response to "Peraturan dan Tata Tertib PAUD"

Post a Comment

Halaman ini berisikan referensi tertentu, dan tidak semata-mata menggantikan pendapat para ahli.

Terimakasih telah berkunjung. Tanyakan sesuatu kepada saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel