Kurikulum PAUD

kurikulum_paud

Kurikulum itu merupakan segala hal yang direncanakan dan yang terjadi pada satuan pendidikan, yang dalam konteks pembahasan kali ini adalah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.

Pendidikan anak usia dini merupakan sebuah lembaga yang membuka layanan pendidikan untuk anak usia 4-6 tahun.

Sebuah lembaga, selayaknyalah membuatkan semacam dokumen kurikulum. Tanpa adanya dokumen kurikulum ini, bagaimana mungkin lembaga pendidikan itu menjalankan program mengajarnya dan memiliki sebuah tujuan pendidikan? Ini hal yang mustahil.

Suatu lembaga, harus memiliki tujuan pendidikan di lembaganya dalam aspek kecil, dan harus relefan dalam aspek lebih luas yaitu tujuan dari pendidikan nasional.

Disinilah letak pentingnya sebuah kurikulum, yang didalamnya terletak berbagai hal yang pada akhirnya bermuara pada tujuan pendidikan nasional.

Untuk membahas ini, ada bagian-bagian yang rirasa bagian penting untuk dipahami, yaitu tentang perangkat mengajar guru, berkas-berkas sekolah, dan lain sebagainya yang dianggap bersangkutan.

Perangkat Mengajar Guru PAUD

Perangkat mengajar guru PAUD disini maksudnya adalah segala hal dalam bentuk perencanaan yang dibuat oleh Guru PAUD itu sendiri. Tujuannya adalah untuk mempermodah penyampaian atau transformasi ilmu terhadap peserta didiknya dan agar lebih terstruktur.

Dikatakan demikian, karena pada dasarnya perangkat mengajar guru ini terdiri atas, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Dengan kata lain, perencanaan disini haruslah benar-benar dibuatkan secara terstruktur agar kiranya dapat untuk diukur atau dievaluasi. Dengan demikian, akan terbuka kesempatan dalam mencapai tujuan dari pendidikan secara umum.

Anda, dapat membaca artikel tentang hal ini, bila ingin melihat lebih jauh tentang perangkat mengajar guru PAUD.


Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di kolom yang disediakan ya. Komentar anda berupa saran, sangat saya harapkan.

Dokumen Tujuan Lembaga

Ini merupakan salah satu dokumen yang sangat penting. Dari namanya saja, ini sudah merupakan hal yang wajib. Bagaimana mungkin lembaga itu berdiri dan berjalan tanpa adanya tujuan akhir?

Pada dokumen tentang tujuan lembaga ini, akan dibahas secara gamblang tentang tujuan lembaga. Anda dapat melihat sebagai bahan untuk dijadikan referensi bilamana anda ingin membuatkan atau memodifikasi tujuan lembaga dilokasi anda bertugas.


Tema PAUD

Keistimewaan lembaga PAUD adalah dengan diberlakukannya tema dalam proses pembelajarannya. Disini, tema itu bermakna layaknya sebuah topik untuk dibahas dalam lembaga PAUD.

Umumnya, tema dalam lingkungan PAUD ini didalamnya juga berisikan subtema yang akan dilakukan selama satu minggu per subtema. Artinya, dalam satu subtema atau topik, membutuhkan waktu untuk penyelesaiannya.

Untuk mengetahui tentang Tema apa saja yang ada dalam lingkungan PAUD, anda dapat mengunjungi halaman yang dibuatkan khusus dengan mengklik tombol di bawah ini.


Program Kegiatan Anak

Ini juga merupakan bagian yang tidak kalah penting. Anak PAUD itu sangat dihimbau untuk menghabiskan waktunya disekolah dengan bermain sambil belajar. Oleh sebab itu, mengingat bahwa cukup banyak bentuk permainan yang bisa diterapkan, maka tidak ada salahnya membuat sebuah program yang ada di luar lingkungan sekolah atau lingkungan kelas.

Ada beberapa bentuk kegiatan yang dapat dijadikan sebagai bahan bacaan untuk diterapkan di lembaga PAUD. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan kunjungi halaman yang telah dibahas tersendiri.


Kalender Akademik

Kalender Akademik merupakan bagian dari kurikulum PAUD. Disini, akan dibuatkan semacam jadwal yang terstruktur untuk segala macam kegiatan, atau hari efektif belajar anak PAUD.

Silahkan kunjungi halaman yang telah dibahas lebih lengkap di bawah ini.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa segala aktifitas dan perencanaan di lembaga sekolah itu disebut sebagai kurikulum. Maka oleh sebab itu, beberapa bagian di atas itu merupakan bagian dari kurikulum di tingkat pendidikan jenjang PAUD.

Terimakasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk bertanya.

0 Response to "Kurikulum PAUD"

Post a Comment

Halaman ini berisikan referensi tertentu, dan tidak semata-mata menggantikan pendapat para ahli.

Terimakasih telah berkunjung. Tanyakan sesuatu kepada saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel