Kurikulum Pendidikan Islam

Defenisi

Kurikulum pendidikan Islam merupakan kurikulum secara umum, dan kemudian dimodifikasi sedemikian rupa dengan mengacu kepada apa yang diajarkan Islam dengan bersumber dari Alquran dan Hadis Nabi. Kurikulum sejatinya memiliki tujuan dan manfaat tersendiri.

Oleh sebab itu, perlu disesuaikan segala sesuatunya untuk keberlangsungan kurikulum yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup, seperti bulanan, atau bahkan tahunan.

Kurikulum yang pada dasarnya dapat dimaknai dengan segala sesuatu atau program yang dilaksanakan lembaga pendidikan ditambahi atau dimodifikasi dengan mengarahkan kepada ajaran Islam yang bersumberkan Alquran dan Hadis.

Pengembangan

Kurikulum memang pada dasarnya perlu dikembangkan secara berkala. Ini dimaksudkan agar tidak tertinggal dengan perkembangan zaman yang kian berkembang disetiap waktu. Perkembangan zaman yang belakangan ini mulai menguras moral para anak didik (siswa) membutuhkan perhatian khusus dalam sudut pandang pendidikan.

Hal yang paling dasar yang harus dibenahi adalah kurikulum di lembaga sekolah. Deskripsi ini dapat menjadikan dasar akan pengembangan kurikulum pendidikan Islam itu sendiri.

Dalam melakukan pengembangan kurikulum, dipandang perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya yaitu:

  1. Landasan pengembangan kurikulum
  2. Strategi pengembangan kurikulum
  3. Evaluasi pengembangan kurikulum

Keseluruhan poin di atas merupakan bagian yang penting untuk diketahui dalam melakukan pengembangan kurikulum pendidikan Islam di sekolah.

0 Response to "Kurikulum Pendidikan Islam"

Post a Comment

Halaman ini berisikan referensi tertentu, dan tidak semata-mata menggantikan pendapat para ahli.

Terimakasih telah berkunjung. Tanyakan sesuatu kepada saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel