Membuat Catatan Anekdot PAUD K13 Menggunakan Google Formulir

Untuk membuat catatan anekdot PAUD, paling tidak lembaga memiliki referensi mengenai bentuk dan informasi yang dibutuhkan. Lembaga dapat melihat gambar di bawah ini sebagai rujukan dalam membuat catatan anekdot PAUD.

contoh-catatan-anekdot

Gambar di atas merupakan gambar yang menjelaskan tentang catatan anekdot PAUD. Adapun bagian yang perlu diisikan adalah nama anak, tempat, waktu, dan deskripsi peristiwa. Untuk itu, lembaga membutuhkan bagian-bagian ini untuk diisikan oleh guru yang bersangkutan.

Adapun gambar yang tertera di atas merupakan pilihan. Lembaga dapat menambahkannya atau menguranginya sesuai dengan kebutuhan lembaga masing-masing.

Buka Google Formulir

Silahkan lembaga membuka alamat google formulir yang telah disediakan. Silahkan kunjungi alamat ini:
https://www.google.com/intl/id_id/forms/about/

Isikan Judul Formulir

Judul ini akan terlihat nantinya pada si pengisi formulir. Maka silahkan isikan judul dengan baik dan benar sesuai dengan fungsi formulir itu sendiri.

Isikan Deskripsi

Deskripsi disini dimaksudkan untuk memberikan penjelasan yang lebih lengkap tentang formulir yang akan dibuat. Ini nantinya akan terlihat bagi si pengisi formulir. Dengan deskripsi yang lengkap, akan memberikan penjelasan sekaligus membantu pengisi sebagai responden untuk tata cara pengisian yang diharapkan agar tidak salah dalam mengisikan formulir yang disediakan.

Untuk kasus tertentu, hal ini tanpa batasan. Lembaga dapat mengisikan lebih lengkap dan mendetail. Untuk itu, dapat melihat gambar di bawah ini untuk sebuah deskripsi yang telah jadi sebagai contoh.
contoh_google_form

Buat Pilihan Nama Guru

Untuk membuat nama guru, diharuskan membuat pilihannya. Pelaksanaannya nanti, sang guru akan memilih namanya sendiri sebagai orang yang mengisikan dan mengirimkan formulir ini. Lihat gambar ini sebagai panduan.

membuat-nama-guru

1. Isikan Pertanyaan

Disini, lembaga membuat semacam nama guru dengan pilihan. Jadi, pada pelaksanaannya nanti, sang guru akan memilih namanya masing-masing untuk mengisikan ini. Hal ini akan mempermudah guru untuk menuliskan nama dirinya.

2. Pilihan Ganda

Ini dimaksudkan untuk memberikan pilihan kepada responden. Pilihan ganda akan lebih mempermudah guru untuk menentukan isian dari bagian ini.

3. Isi Pilihan Nama Guru

Isikan nama guru sebanyak guru yang mengajar di lembaga. Dengan hal ini, guru nantinya akan lebih mudah dalam mengisikan nama dirinya.

4. Tambahkan

Bagian ini dimaksudkan menambahkan nama guru yang ingin ditambahkan. Lembaga dapat menambahkan sebanyak guru yang ada di sekolah sebagai pilihan. Pada pelaksanaannya nanti, sang guru akan memilih satu nama saja, yaitu nama dirinya sendiri sebagai pengisi formulir.

5. Wajib Diisi

Bagian ini merupakan bagian pilihan. Untuk memastikan nama guru ini terisi, sebaiknya aktifkan tombol wajib diisi. Hal ini dimaksudkan agar dalam pengisian formulir, sang guru wajib mengisikan namanya. Bila ini tidak dilakukan, maka pengiriman file formulir ini tidak akan bisa berfungsi.

Bila seluruhnya telah diselesaikan, maka akan terilhat hasil seperti gambar di bawah ini.

pilihan_nama_guru

Sama halnya seperti mengisi soal pilihan berganda, nantinya guru akan memilih salah satu dari pilihan ini. Bagian ini juga merupakan bagian yang wajib diisi.

Dalam kasus lainnya, agar lebih memperindah penampilan dan mempermudah penggunaan, lembaga juga dapat membuatkan piliha soal dalam bentuk "naik-turun".

Buat Pilihan Kelas

Sama halnya dengan membuat nama guru, disini hanya berganti pada soal nama kelas. Silahkan buatkan soal baru dengan icon "menambahkan soal" yang ada di samping kanan badan soal.

Setelah icon tambah soal di klik, maka selanjutnya akan terbuka soal baru yang akan diisikan ulang sesuai dengan pengerjaan yang sebelumnya dikerjakan. Sebagai panduan, lihatlah gambar di bawah ini:
(Buat gambar angka-angka)

Buat Soal Pilih Kelas

Silahkan lembaga mengisikan nama kelas sesuai dengan jumlah masing-masing kelas. Lembaga dapat mengisikannya dengan membuat soal semacam "Pilih Kelas".

Pilih Bentuk Soal

Silahkan pilih bentuk soal "naik-turun". Ini akan mempermudah guru dalam pengisiannya nanti. Lembaga dapat mengisikannya dengan memberikan nama kelas, seperti "Kelompok A" dan "Kelompok B".

Bila sudah diselesaikan, akan hasil seperti gambar di bawah ini:

Pelaksanaannya nanti, guru akan memilih kelas siswa yang menjadi objek pengisiannya. Fitur pilihan yang dibuat akan mempermudah guru dalam menuliskan kelas yang menjadi objek isiannya.

Buat Pilihan Nama Siswa

Pilihan nama siswa ini harus dibuat. Nantinya, bagian ini merupakan bagian yang paling banyak diisi. Itu karena bagian ini akan berisikan tentang nama siswa pada tiap-tiap kelasnya.

0 Response to "Membuat Catatan Anekdot PAUD K13 Menggunakan Google Formulir"

Post a Comment

Halaman ini berisikan referensi tertentu, dan tidak semata-mata menggantikan pendapat para ahli.

Terimakasih telah berkunjung. Tanyakan sesuatu kepada saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel