Membuat Kartu Penjemput Siswa

kartu_penjemput_siswa_tk

Kartu penjemput siswa merupakan sebuah kebijakan yang dapat diambil oleh seorang Kepala Sekolah. Kebijakan ini bernilai positif. Kartu penjemput siswa disini akan mendatangkan banyak manfaat, baik itu bagi sekolah, bagi guru, bagi siswa, dan bagi para orangtua siswa.

Manfaat Kartu Penjemput Siswa

Ada beberapa manfaat dari kartu penjemput siswa yang dapat dijelaskan disini. Adapun manfaat kartu penjemput siswa antara lain sebagai berikut:
 Sekolah akan lebih terkondisikan dengan kepulangan siswa
Kekhawatiran orangtua akan berkurang
Kepulangan siswa akan lebih terlihat efektif.
Petugas keamanan sekolah akan bekerja lebih terkoordinir

Dirasa, hal diatas itu merupakan hal yang cukup umum. Masih banyak lagi manfaat yang didapatkan bila menerapkan sistem kartu penjemput siswa ini. Oleh sebab itu, dirasa hal ini cukup baik bila diterapkan di sekolah atau lembaga.

Pertimbangan Dalam Menerapkan Kartu Penjemput Siswa

Menerapkan sebuah keputusan, memang bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu dikaji lebih dalam sebelum terjun langsung dalam penerapannya. Dalam hal kartu penjemput siswa ini, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan bila anda ingin menerapkan sistem ini, diantaranya sebagai berikut:

Pembuatan Kartu

Kartu penjemput siswa ini sebaiknya dibuat dengan baik. Oleh sebab itu, ada indikator yang menjadi acuan dalam pembuatan kartu penjemput siswa ini, yaitu dibutuhkan kertas yang kuat atau tebal, tulisan yang terbaca, dan indikator lainnya yang dipandang perlu.

Ini dimaksudkan agar kartu penjemput siswa ini dapat diberlakukan dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Para siswa TK PAUD itu akan bersekolah paling lambat 2 tahun, bisa juga berlebih. Bagimana mungkin kartu dengan kertas biasa-biasa, dapat bertahan selama 2 tahun? Disini perlunya pertimbangan yang matang dalam pembuatan kartu penjemput siswa ini.

Peraturan

Peraturan itu perlu dibuat untuk menjaga efektifitas dalam sistem kartu penjemput ini. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan secara matang pada bagian ini, dan ini akan berdampak negatif bila tidak dipertimbangkan. Adapun hal yang dimaksud itu adalah:

Ketentuan

Kalau seandainya, dalam berlangsungnya kartu penjemput siswa ini, terdapat kartu yang hilang atau rusak, apa yang harus dilakukan. Disini perlu pertimbangan dalam membuat sebuah ketentuan. Mungkin saja memilih untuk membuatkan semacam denda, atau pergantian kartu dengan menambah biaya yang dibebankan kepada si pengguna kartu, atau yang lainnya.

Pembiayaan Atau Denda-denda

Menyikapi dari hal yang telah dijelaskan sebelumnya, bila memungkinkan untuk membuatkan semacam denda, maka pertimbangkan terlebih dahulu bentuk denda atau besaran denda yang diberlakukan. Bila terdapat ketentuan berupa pembiayaan, sebaiknya jangan memberatkan si pengguna kartu. Karena, ini akan menjadi catatan tersendiri bagi si pengguna bila harga yang ditentukan itu terlalu besar. Sebaiknya, kaji bagian ini dengan baik.

Sistem Atau Alur Penggunaan

Bagaimana sistem yang dijalankan. Alur kesehariannya bagaimana. Perlu dijelaskan secara rinci karena ini menyangkut keberlangsungan keseharian dari penerapan kartu penjemput siswa ini.

Misalnya begini, kartu penjemput siswa itu akan diberikan kemana dan siapa yang berhak untuk menerimanya. Biasanya, akan lebih terlihat cocok bila ada petugas keamanan yang mengambil peran disini. Kartu penjemput siswa itu akan diberikan kepada petugas keamanan untuk dilihat keasliannya, dan mengizinkan atau tidak si penjemput siswa itu hadir di sekolah untuk menjemput siswa.

Hal di atas itu merupakan bagian penerapan dari kartu penjemput siswa ini sebagai sebuah contoh. Bisa saja dimodifikasi dengan kegiatan yang lainnya. Namun, hal di atas itu dipandang cocok untuk diterapkan.

Alur yang jelas, akan menimbulkan sistem kerja yang baik antar anggota pelaksana yang terkait dengan kartu penjemput ini. Dengan dibuatkannya sistem alur penggunaan, maka dirasa berjalannya kartu penjemput siswa ini akan sangat baik.

Cara Membuat Kartu Penjemput Siswa

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat kartu penjemput siswa ini.

0 Response to "Membuat Kartu Penjemput Siswa"

Post a Comment

Halaman ini berisikan referensi tertentu, dan tidak semata-mata menggantikan pendapat para ahli.

Terimakasih telah berkunjung. Tanyakan sesuatu kepada saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel